Thursday 4 December 2014

Camilan Bagi Penderita Diabetes

Camilan Untuk Diabetes

Orang yang menderita diabetes sering kali dianggap tidak bisa menikmati hidup. Pasalnya, dia tidak bisa makan makanan yang mengandung banyak gula di dalamnya karena harus menjaga kadar gula darahnya agar tetap berada di level normal.
Hal ini membuat penderita diabetes menghidari cemilan.
Hal ini sebenarnya pemikiran yang keliru, penderita diabetes atau dalam bahasa kedokteran disebut diabetesi, sebenarnya tetap bisa mengonsumsi camilan di sela jadwal makan utama. Mengemil sebaiknya dilakukan saat perut mulai terasa lapar. Kegiatan ini berguna agar gula darah penderita tidak turun.
Namun, bagi para diabetesi  tidak semua camilan bisa mereka konsumsi. Mereka harus mengonsumsi camilan yang sama dengan makanan sungguhan, seperti cemilan yang mengandung lemak, serat, karbohidrat dan protein.
Biscuit Gandum
Gandum dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol, selain itu juga dapat mempertahankan rasa kenyang yang lebih lama. Akan tetapi, kendala yang sering dialami adalah keengganan orang untuk mengonsumsinya karena tidak ada rasa dan tidak terbiasa. Untuk menambah rasa, bisa ditambahkan ¼ cup selai anggur untuk rasa sedikit manis.
Buah Segar
Buah mengandung nutrisi dan serat yang sangat penting untuk tubuh, tetapi bagi penderita diabetes tetap harus diperhatikan karena buah mengandung gula alami. Buah yang baik bagi diabetesi  antara lain berries, melon, pisang dan apel. Namun kadarnya tetap harus dibatasi, dan untuk menyiasatinya kita bisa menambahkan ¼ irisan keju. Hal ini dikarenakan protein yang terkandung dalam keju bisa menstabilkan gula darah dan memberi kalsium.
Serat dan Mineral Alami
Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol, serat banyak ditemukan dalam aneka jenis sayuran. Seperti tomat, black bean, paprika hijau dan alpukat. Anda boleh juga menambahkan irisan brokoli, wortel, seledri dan sayuran lainnya untuk mendapatkan mineral.
Yoghurt
Mirip dengan keju, yoghurt sangat baik untuk menstabilkan gula darah dan memberikan ekstra kalsium .
Sumber : Kompas edisi 26 Juli 2012

Share this

0 Comment to "Camilan Bagi Penderita Diabetes"

Post a Comment